Sabtu, 04 Februari 2012

Tentang SD IT Rabbani


Anak-anak SD IT Rabbani [Foto : Hesty Ambarwati]


SD IT Rabbani didirikan pada tahun 2002 di bawah naungan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Al-Furqaan.  SD IT Rabbani merupakan SD gratis untuk anak-anak dari keluarga ekonomi lemah yang berada di daerah Cimenyan.

Selama perjalanannya SD IT Rabbani sebagai satu-satunya Sekolah Dasar Islam gratis di daerah Cimenyan mendapatkan respon yang cukup baik dari warga sekitar Cimenyan. Namun pada tahun 2010 SD ini terancam ditutup karena kekurangan SDM yang berimbas pada terhambatnya kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Dan pada tahun yang sama sekolah ini kembali berdiri dengan bantuan tenaga pengajar dari  Mahasiswa UPI dan beberapa warga Cimenyan yang peduli terhadap keberlangsungan pendidikan di sekolah ini. 

SD IT Rabbani tampil dengan jargon barunya, yaitu : Islamic, Fun and Meaningful Learning. Jargon inilah yang kemudian menjadi ruh dalam setiap proses pendidikan di sini. Menjadikan sekolah sebagai rumah kedua bagi siswa-siswi SD IT Rabbani merupakan cita-cita kami. Pada Tahun Ajaran 2010/2011 SD IT Rabbani membuka 5 kelas dengan jumlah siswa : kelas 1 (5 siswa) ; kelas 2 (8 siswa) ;  kelas 3 (6 siswa, dengan 2 siswa berkebutuhan khusus) ; kelas 4 (6 siswa) ; kelas 5 (6 siswa) dan semua siswa berasal dari keluarga ekonomi lemah. 

SD IT Rabbani memiliki visi dan misi sebagai berikut : 

Visi

“Membentuk generasi Rabbani yang beriman, berkarakter akhlakul karimah,
berprestasi dan berkarya”

 Misi
  1.  Menggabungkan keimanan, ketakwaan dan ilmu pengetahuan melalui integralisasi nilai Islam pada tiap mata pelajaran
  2. Menciptakan iklim pembelajaran ramah, kreatif dan menyenangkan
  3. Mensinergiskan ilmu pembelajaran dengan potensi lokal alam sekitar
  4. Membangun dan mengemabangkan potensi kecerdasan anak agar siap menjadi generasi unggul yang sesuai dengan tuntutan masa depan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar