Mengelilingi Dunia dengan Monopoli
ditulis oleh. Citra Amalia (Volunteer dalam program Guru Rabbani, Mahasiswi UPI)
Anak-anak antusias mengamati negara-negara |
Awalnya hanya terbersit
keinginan untuk membuat sebuah permainan yang umum di mainkan untuk diambil
sisi ilmunya. Berhubung permainan yang menjadi favorit saya sewaktu kecil itu
monopoli, alhasil saya pun mencoba mencarinya dan menemukannya:D.
Kenapa saya
memilih monopoli? Pertama, saat ini saya sedang mengajar mata pelajaran IPS
khususnya di kelas 6 SD, dan sedang dalam Bab negara-negara Asia Tenggara,
benua-benua di dunia, pas banget kan?:)
Sebenarnya pada awalnya muncul
kekhawatiran dalam menggunakan monopoli sebagai salah satu media pembelajaran.
Karena yang saya takutkan, anak-anak akan mengambil kesimpulan bahwa yang kaya
itu yang menang dan yang pelit itu yang juara. Sehingga saya pun memutuskan
untuk tidak menggunakan uang-uangan yang biasanya menjadi ciri khas permainan
monopoli. Alasan kedua, untuk membuat permainan lebih simpel dan mudah di
rapihkan tentu saja. Lantas sebagai pengganti uang saya menggunakan apa?.“Ting”
karena monopoli yang saya beli edisi internasional, negara-negaranya pun mengelilingi
dunia, alhasil saya mempunya ide untuk memanfaatkannya agar murid-murid saya
bisa bermain sambil mempelajari peta duniaJ.
Bahan-bahan
yang di butuhkan:
1. seperangkat alat
monopoli
2. Globe atau peta
dunia
3. Kartu tambahan
mengenai penjelasan masing-masing negara (ini harus dibuat sendiri)
Contoh:
4. Kartu tambahan yang berisi pertanyaan mengenai
negara-negara atau benua di dunia (ini juga dibuat sendiri)
Cukup simpel
bukan?:)
Kemudian untuk
aturan permainannya, saya pun menyesuaikannya agar menjadi sangat mudah dan
menarik untuk murid-murid saya (atau mencoba menarikJ)
Cara
Bermain:
1. Siapkan alat-alat permainan: dadu, papan
permainan, bidak, kartu penjelasan negara, kartu pertanyaan.
note:
note:
- kartu penjelasan negara
sebagai pengganti kartu harga rumah
- kartu pertanyaan sebagai
pengganti kesempatan dan dana umum
2. Setelah permainan yang di mulai seperti
pada umumnya, mengelilingi satu putaran terlebih dahulu. Kemudian setelah satu
putaran dan berhenti di salah satu negara, pemain (atau murid saya^^) diberi
kesempatan untuk memilih antara membeli rumah di negara itu atau tidak. Apabila
tidak, dia dapat melanjutkan permainan, tapi apabila dia berniat untuk membeli
rumah di negara tersebut, semisal Arab Saudi. Nah disinilah perbedaannya, karena
tidak menggunakan uang mainan. Saya menggunakan globe sebagai syaratnya.
> Syarat membeli rumah di suatu
negara:
- - Siapkan
globe didepan pemain
- - Pemain
harus menemukan letak negara yang akan di belinya di dalam globe.
- - Waktu
yang di sediakan hanya 20 detik, jika lebih dari waktu yang di sediakan, rumah yang akan di beli akan hangus dan dapat dibeli pemain lain.
- Setelah
syarat dipenuhi pemain, maka rumah akan di berikan kepada pemain.
Perangkat
yang diberikan setelah berhasil menemukan letak negara dalam globe:
-
1
rumah
-
Kartu
penjelasan negara tersebut yang fungsinya akan dijelaskan kemudian.
Cara
memiliki rumah:
-
Menemukan
letak negara
-
Memiliki
kartu pertanyaan (akan dijelaskan kemudian)
3. Nah, di tengah permainan, ketika satu
pemain menginjakkan kaki ke negara yang sudah berpenghuni (ditandai dengan
adanya rumah), biasanya pemain tersebut akan di denda bukan? Namun sekali lagi
karena kita tidak menggunakan uang mainan dalam permainan ini, denda di ganti
dengan hal lain. Ingat kartu penjelasan tiap negara yang diberikan sebagai
bukti bahwa pemain tersebut telah membeli rumah di negara tersebut?Nah itu
digunakan sebagai dendanyaJ
Hukuman(denda)
bagi pemain lain yang melewati negara yang telah dihuni pemain lain:
-
Pemain
yang menghuni negara tersebut memperlihatkan kartu penjelasan negara
-
Pemain
yang menginjakkan kaki di negara berpenghuni harus membacakan kartu penjelasan
negara dengan KERAS.
-
Setelah
membaca dengan keras dan didengarkan oleh pemain lain, permainan pun bisa di
lanjutkanJ
Note:pembacaan
kartu penjelasan disesuaikan dengan jumlah rumah yang terdapat dinegara
tersebut, jika ada 2, maka dua kaliJ
4. Di tengah permainan pula, terdapat kolom
“kesempatan” dan “dana umum”, ini salah satu kesulitan saya, karena tidak semua
kartu dapat digunakan (kebanyakan menggunakan uang sebagai hadiah). Sehingga di
ambil keputusan, setiap pemain yang melewati kolom “kesempatan” atau “dana
umum” akan mendapat:
-
Mengambil
satu kartu pertanyaan
-
Pertanyaan
akan dibacakan
-
Apabila
tidak dapat menjawab, kartu akan diletakkan kembali dan pemain harus mundur
tiga langkah.
-
Apabila
dapat terjawab, kartu pertanyaan akan diberikan kepada pemain, sebagai kartu
bebas penjara (apabila pemain tersebut masuk penjara) dan dapat digunakan
sebagai cara langsung agar ketika pemain yang memiliki rumah di suatu negara
melewati negara miliknya, dia dapat menukar kartu pertanyaan dengan rumah
tambahan.
Nah
kurang lebih begitulah tata cara permainan monopoli mengelilingi duniaJ semoga bergunaJ
Sekarang sekolah rabbani kok sepi ya,.. pada kemana neh, padahal saya seneng baca tulisan2nya,..
BalasHapusdi lapak yang baru juga gk ditemukan tanda2 peradaban,..
mungkinkah pasukan pejuang pendidikan ini sudah menyerah,??